Kumpulan Istilah-istilah Asing (Bahasa Intelek)

Posted by Kang Mujib on 06:47 AM, 12-Jun-13 • Under: Bahasa & Sastra

do-the-impossible.jpg


Dewasa ini banyak sekali muncul kata-kata atau istilah-istilah baru dalam media massa maupun sebuah buku, yang mana istilah-istilah tersebut masih asing dimata orang awam.

Istilah-istilah tersebut biasanya disebut dengan "istilah intelek", yang sebenarnya merupakan istilah asing yang diserap ke dalam bahasa Indonesia, yaitu yang biasa disebut dengan kata serapan.

Di kalangan para akademisi penggunaan istilah-istilah tersebut sudah menjadi kebiasaan sehari-hari, baik dalam bahasa lisan maupun tulisan.

Berikut ini kumpulan istilah-istilah serapan atau bahasa kerennya istilah intelek, yang saya kumpulkan dari buku-buku ilmiah. Jika ada kesalahan, mohon dikoreksi.

Integritas = kejururan
Kredibilitas = kepercayaan
Kredibel = sikap dapat dipercaya
Loyalitas = kesungguhan
Loyal = sikap sungguh-sungguh
Skill = keterampilan
Relasi = hubungan
Komparasi = perbandingan
Kompetensi = kemampuan
Kompeten = mampu
Kapabilitas = kemampuan/kecakapan
Dikotomi = pembagian dalam dua bagian
Kolektif = bersama-sama
Kolegial = teman sejawat (kata sifat)
Kolega = teman sejawat (kata benda)
Refleksi = pemikiran suatu hal
Distorsi = berubah/penyimpangan
Otoritas = wewenang
Otoriter = sewenang-wenang
Indikasi = petunjuk Indikator = penunjuk
Invansi = serbuan/penyerbuan
Stagnan = mandeg/jalan ditempat
Rekonstruksi = pembangunan kembali
Konstitusi = Undang-Undang
Regulasi = peraturan
Urban = kota
Urgensi = desakan
Elite = golongan atas/kaum atasan
Preventif = pencegahan
Kultur = budaya
Spasial = keruangan
Regional = kewilayahan (kata sifat)
Region = wilayah (kata benda)
Eksekusi = pelaksanaan
Titik nadir = titik terendah
Titik kulminasi = titik puncak
Produktivitas = daya produksi
Prospek = harapan/kemungkinan
Probabilitas = kemungkinan
Deviasi = penyimpangan
Anomali = penyimpangan
Prespektif = pandangan/sudut pandang
Kontinuitas = kelanjutan
Legitimasi = hak kekuasaan
Aliansi = = persekutuan/perserikatan
Insentif = bonus
Konvensi = rapat/persetujuan
Rekonsiliasi = perdamaian/perukunan kembali
Ratifikasi = pengesahan
Hegemoni = menguasai/dominasi
Mekanisme = alat/cara
Recovery = pemulihan
Budget = anggaran
Defensif = sikap pembelaan/sikap bertahan
Demagogi = penghasut yang pandai berpidato
Konspirasi = kongkalikong/sekongkol/persekongkolan
Paradigma = cara berfikir
Prestise = gengsi
Kemampuan pedagogik = kemampuan mendidik
Rekonsiliasi = perdamaian/perukunan kembali
Solidaritas = kesetiakawanan
Soliditas = penguatan/pengukuhan
Attitude = sikap / perilaku
Potensi afektif = potensi sikap
Potensi kognitif = potensi ilmu/pengetahuan
Retorika = kepandaian berbicara
Elektabilitas = kepemilihan
Eskalasi = perluasan/peningkatan
Taklid buta = mengikuti tanpa tahu dalilnya
Renovasi = pembaharuan kembali
Inovasi = pembaharuan
Qualified = memenuhi syarat
Efektif = berhasilguna
Efisien = tepatguna/berdayaguna
Justifikasi = pembenaran/dasar pembenaran
Legalisasi = pengesahan/pengabsahan
Komprehensif = luas/meliputi banyak hal/pemahaman
Analogi = persamaan
Doktrin = ajaran
Ontologi = cabang ilmu filsafat yang berhubungan dengan hakikat hidup
Antologi = kumpulan karya tulis pilihan dr seorang atau beberapa orang pengarang
Dogma = pokok ajaran (tentang kepercayaan dsb) yg harus diterima sbg hal yg benar dan baik, tidak boleh dibantah dan diragukan; keyakinan tertentu
Plural = majemuk
Fundamental = bersifat dasar (pokok); mendasar
Fundamentalisme = paham yg cenderung untuk memperjuangkan sesuatu secara radikal
Teologi = pengetahuan tentang ketuhanan

Demikianlah sedikit kata-kata asing yang bisa saya rangkum dalam artikel ini, jika ada tambahan atau pertanyaan, silahkan sampaikan di komentar.

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

50 responses to "Kumpulan Istilah-istilah Asing (Bahasa Intelek)"

Berita Dunia on 09:22 AM, 12-Jun-13

Jadi bertambah wawasan dan ilmu nih sobsmile

ڪڪڪяîzla мoъîle ъlogsڪڪڪ on 11:56 AM, 12-Jun-13

Nyimak aja sob, sory baru hadir..

http://arleg.heck.in/game-android-alert-terrorist.xhtml

Adhy SFC on 12:10 PM, 12-Jun-13

nyimak aja sobt

abdul khamid on 11:39 PM, 24-Jan-14

arti dari isomorphisma

mahmud abdullah on 10:11 AM, 28-Jan-14

semoga saya bisa mengamalkan kata kata intelek ini .

khamal on 12:12 PM, 06-Feb-14

sangat bermanpaat..

ragiel on 12:58 AM, 08-Feb-14

blh jga

azmy on 05:28 PM, 11-Feb-14

kontribusi itu apa?

Admin on 09:24 PM, 11-Feb-14

Kontribusi: sumbangan/bantuan

Arbain Sambas on 05:35 PM, 24-Feb-14

jd tmbh tw ni

widii on 01:21 PM, 01-Mar-14

bahasa yg sangatt asiiik

Miptah on 10:13 AM, 04-Mar-14

Aku ingin pintar dalam segi bicara

Syamsul Bahri on 07:43 AM, 10-Mar-14

Kalau berbicara denGan bhasa intelek jd lebih ,gimanaaa gituuuuuuuuuuuuu.,.

I like bHasa intelek

Pandu on 09:37 AM, 14-Mar-14

Makasih infonya. bermanfaat banget dan menambah wawasan saya

ingka on 12:23 PM, 16-Mar-14

Perkembangan penyerapan kata dan istilah asing

kusnaeni on 09:27 AM, 18-Mar-14

saya suka agar kita tak ketinggalan pergaualan

kusnaeni on 09:27 AM, 18-Mar-14

saya suka agar kita tak ketinggalan pergaualan

udin on 06:36 AM, 19-Mar-14

siip bro..

Pay on 02:53 PM, 24-Mar-14

kalo bisa di update sob

suryadi al-buchori on 02:20 AM, 28-Mar-14

Bermamfaat semuanya

Aim on 10:34 PM, 07-Apr-14

Alhamdulilallah

darull alvin on 04:36 AM, 23-Apr-14

Relatif itu apa sih ?

aldy on 09:09 AM, 24-Apr-14

Om, ini sangat berguna sekali, tp bikin lg donx plis yang lebih bnyak lagi?? smile

@DevonVanezza on 12:11 AM, 25-Apr-14

Good.... Amat bermanfaat,, banyak orang yg mmbutuhkan pelajaran2 sprti ini,,

nielu on 07:34 AM, 29-Apr-14

sangat bermanfa'at...
mhon share lbh bnyak lg yaw/..

Dian on 12:51 PM, 01-May-14

Good

zar0x on 01:01 AM, 08-May-14

Untu smuanya sm0ga sukses...

riyan on 11:14 AM, 15-May-14

tambah lg donk bos biar lbh intelek....

nurkhalali on 05:14 PM, 15-May-14

imajinasi itu apa si

Mohamad Iqbal SamuelL on 01:37 PM, 19-May-14

jdi tau trjemahan bhasa intelektual ..

dirja on 01:39 AM, 21-May-14

ok cocok markotop

Ariesyaputra on 05:56 PM, 26-May-14

sangat brmnfaat bgi kalngan maha sswa.

Nanta aje on 11:54 AM, 04-Jun-14

Lumayan bwat nambah2 wawasan

Virza on 12:47 PM, 05-Jun-14

Semoga bermanfaat bgi pembcax

atip on 01:46 PM, 20-Jun-14

relatif itu apa?

vian on 12:18 AM, 21-Jun-14

walau bikin mulut gue blepotan tp OK boz..

alling on 08:33 PM, 29-Jun-14

hati2 entar salah arti, bisa2 dikatain viky prasetyo. hehehe...

Cristian volvo on 09:53 AM, 04-Jul-14

'Kontroversi itu apa?

goesmisbah on 10:22 PM, 05-Jul-14

Ikut gabung ah

fratavsink on 10:57 AM, 06-Jul-14

good '''''''''' bgus skali bisa kita pergunakan dln suatu forum/ miting

Maz Alisyach on 10:38 PM, 10-Jul-14

Ok' jg bwt ilmu pengetahuan,,,,,

dionz slank on 04:06 PM, 14-Jul-14

Diskriminatif itu apa

mahmud abdullah on 02:57 PM, 20-Jul-14

bagus sekali untuk peningkatan bahasa
eh mau nanya ideologi itu apa ?

Gomez on 08:55 AM, 26-Jul-14

Sanggat bermanfaat,, dan tolong kalo bisa lebih diperbayak lagi.. Thank...

Cukeling_ on 10:47 PM, 26-Jul-14

Layang2 bahasa intlek'a apa sih

Cukeling_ on 10:47 PM, 26-Jul-14

Layang2 bahasa intlek'a apa sih

Aapyin on 09:45 AM, 31-Jul-14

Mmbuat sya jdi tmpil beda

wibowo on 06:42 PM, 21-Aug-14

trim atas info"nya

Adam on 09:09 PM, 12-Sep-14

Bagus mas. Berbagi ilmu juga ibdah

abdul on 09:28 AM, 15-Sep-14

dinamika itu apa sob

Subscribe to comments feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(Some BBCode tags are allowed)